Sabtu, 25 Februari 2023, dosen-dosen Program Studi Psikologi Islam (PI), Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) UIN Raden Mas Said Surakarta melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis program yang bermutu.  Kegiatan dilaksanakan di Aula Pondok Pesantren Riyadhus Sholihin, Nguter, Sukoharjo. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini berkaitan dengan pengasuh anak dengan  tema SmartIslamic Parenting; “Menjadi Orang Tua yang Berilmu”. Para peserta kegiatan adalah Wali Murid (Siswa) Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MI T) Riyadhus Sholihin berjumlah 30 orang.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dibuka dengan sambutan dari Kepala Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MI T) Riyadhus Sholihin, Syamsul Ashari, S.Pd dan Pimpinan pondok pesantren yang juga Ketua Badan Pelaksana Penyelenggaraan Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (BP3MNU) Riyadhus Sholihin  Wiyanto S.H., M.M. Kedua pimpinan lembaga tersebut mengapresiasi positif dan senang dengan penyelenggaraan kegiatan ini dan berharap kegiatan ini menjadi program yang berkelanjutan dari Prodi Psikologi Islam di MI T Riyadhus Sholihin ke depannya.

Koordinator Prodi Prodi Psikologi Islam, Triyono, M.Si. menyampaikan ucapan terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di pondok pesantren ini. Tidak lupa beliau memperkenalkan Program Studi Psikologi Islam kepada masyarakat di sekitar Kecamatan Nguter, Sukoharjo  Beliau berharap kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan orang tua dan dapat diterapkan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Hal ini dikarenakan tugas pendidikan dan pengasuhan anak tidak bisa serta merta hanya diserahkan kepada institusi pendidikan formal saja. Orang tua atau wali santri harus ikut serta secara aktif dalam mendidik dan mengasuh putra-putri mereka agar menjadi generasi yang sholih-sholihah, cerdas, dan berakhlakul karimah.

Vera Imanti M.Psi., Psikolog saat penyampaian materi ini menyebut bahwa penting bagi para wali siswa di MI Terpadi Riyadhus Sholihin memiliki pengetahuan mendalam tentang pengasuhan anak yang baik.  Mengapa perlu menjadi orang tua yang berilmu? Sebab memiliki anak adalah sumber kebahagiaan dalam keluarga, Anak juga menjadi anugerah Allah yang harus dijaga dan dirawat. Sebab anak adalah investasi akhirat.   Kegiatan Parenting yang dipandu Arief Eko Priyo Atmojo, M.Pd, Salah satu dosen Psikologi Islam  diawali dengan pemutaran video dan pemberian beberapa pertanyaan yang membuat beberapa wali santri menitikkan air mata berkaitan dengan beratnya menjadi orang tua.

Setelah pemaparan materi, dilakukan sesi tanya jawab. Tiga orang wali santri memberikan pertanyaan kepada Bu Vera (sapaan, akrab beliau) terkait permasalahan yang mereka hadapi dalam mengasuh dan mendidik putra-putri mereka. Acara inti ini ditutup dengan closing statement yang sangat penting bagi para wali santri agar dapat mengasuh dan mendidik putra-putri mereka secara lebih baik ke depannya.  InsyaAllah kedepannya, penyelanggaraan kegiatan Parenting di  Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MI T) Riyadhus Sholihin akan dilakukan secara terprogram. (Arief PI FUD)

Leave a Comment