Kurikulum

Kurikulum Prodi Psikologi Islam disusun dan dikembangkan dalam rangka menyiapkan sumber daya unggul dalam intelektual, kompetitif, adaptif, kreatif dan mampu berdampingan dengan setiap perubahan dalam memenuhi tuntutan dan kebutuhan di era revolusi Industri 4.0 menuju era Society 5.0.

Pengembangan kurikulum difokuskan dalam menyambut Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang diharapkan dapat menjawab tantangan Perguruan Tinggi untuk menghasilkan lulusan yang sesuai perkembangan zaman, kemajuan IPTEK, tuntutan dunia usaha dan dunia industri, maupun dinamika masyarakat. Pengembangan kurikulum Prodi Psikologi Islam juga menekankan pada Outcome Based Education (OBE), yakni pendekatan pembelajaran yang menekankan pada keberlanjutan proses pembelajaran secara inovatif, interaktif, dan efektif atau pendidikan yang berpusat pada outcome bukan hanya materi yang harus diselesaikan.

Pendekatan OBE merupakan pendekatan pembelajaran berorientasi pemberdayaan, yang melengkapi mahasiswa dengan pengetahuan, kompetensi, dan orientasi yang dibutuhkan untuk sukses setelah meninggalkan perguruan tinggi. OBE memberikan perspektif tentang apa yang penting bagi mahasiswa, dimulai sejak pengembangan kurikulum.

Pengembangan kurikulum di Prodi Psikologi Islam Psikologi UIN Raden Mas Said Surakarta tidak bisa lepas dari kebijakan asosiasi dalam hal ini adalah Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI) yang memiliki kebijakan khusus terkait capaian pembelajaran serta kualifikasi dan kompetensi utama Sarjana Psikologi yang didasarkan pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Body of Knowledge (BoK)

Body of Knowledge (BoK)

Body of Knowledge (BoK) Prodi Psikologi Islam dikembangkan atas masukan dari berbagai pemangku kepentingan dalam bidang ilmu yang terkait dan/atau bidang pekerjaan professional tertentu. keilmuan Program Studi Psikologi Islam tersusun dari 3 bahan kajian utama yaitu, psikologi, keislaman, keindonesiaan dan kearifan lokal.  

Dari ketiganya, kemudian diturunkan menjadi 23 bahan kajian, yaitu:

  1. Sejarah aliran dan perspektif psikologi
  2. Biopsikologi
  3. Proses dan fungsi mental manusia
  4. Teori kepribadian
  5. Perkembangan manusia
  6. Ilmu kesehatan mental dan  psikopatologi
  7. Hubungan manusia dengan lingkungan sosialnya
  8. Psikologi lndustri & organisasi
  9. Statistika dasar
  10. Metodologi penelitian dasar
  11. Psikometri dasar
  12. Dasar-dasar asesmen psikologi
  13. Dasar-dasar intervensi psikologi non klinis
  14. Dasar-dasar konseling
  15. Prinsip-prinsip pembelajaran
  16. Prinsip-prinsip perubahan perilaku
  17. Prinsip-prinsip literasi data, teknologi, dan humanitas
  18. Kode etik psikologi
  19. Pengembangan  diri dan karir
  20. Studi islam
  21. Keindonesiaan dan kearifan lokal
  22. Pemberdayaan individu dan masyarakat
  23. Kewirausahaan

Dua puluh tiga  (23) bahan kajian tersebut menjadi dasar pembentukan mata kuliah yang  kemudian pada praktik pembelajaran pada Program Studi Psikologi Islam dilakukan dengan mengintegrasikan dan menginterkoneksikan ilmu-ilmu keislaman, keilmuan Inti Psikologi, keindonesiaan dan kearifan lokal. Adapun deskripsi Bahan Kajian (BK) dapat dilihat tabel berikut.

Deskripsi Body of Knowledge (BoK) Prodi Psikologi Islam

Kode

Bahan Kajian

Deskripsi Bahan Kajian

BK 1

Sejarah Aliran dan Perspektif Psikologi

Pengetahuan tentang kelahiran bidang ilmu psikologi, perkembangannya pada setiap era, dan status perkembangan mutakhirnya

BK 2

Biopsikologi

Pengetahuan tentang fungsi mental dasar manusiabaik secara kognitif maupun afektif dan kecenderungan perilaku.

BK 3

Proses dan Fungsi Mental Manusia

Pengetahuan tentang fungsi mental dasar manusia baik secara kognitif maupun afektif dan kecenderungan perilaku

BK 4

Teori Kepribadian

Pengetahuan tentang kepribadian manusia dalam berbagai perspektif pendekatan psikologi

BK 5

Perkembangan Manusia

Perkembangan manusia sepanjang hayat dari  prakelahiran, kelahiran dan pasca kelahiran hingga usia lanjut berdasarkan teori dan periodesasi tahap perkembangan psikoseksual, kognitif, dan psikososia

BK 6

Ilmu Kesehatan Mental dan Psikopatologi

Pengetahuan tentang abnormalitas dan berbagai gangguan psikologis, serta kondisi psikologis yang sehat

BK 7

Hubungan Manusia dengan Lingkungan Sosialnya

Konsep dan kemampuan terkait hubungan manusia dengan orang lain baik level interpersonal, antar kelompok, maupun masyarakat luas dengan pendekatan psikologis, sosial dan budaya

BK 8

Psikologi lndustri & Organisasi

Pengetahuan psikologi dalam bidang sumber daya manusia dalam lingkup organisasi

BK 9

Statistika Dasar

Konsep statistika deskriptif dan inferensial sebagai alat analisis data untuk penelitian kuantitatif

BK 10

Metodologi Penelitian Dasar

Mahasiswa mampu melakukan riset yang dapat digunakan untuk memberikan alternatif penyelesaian masalah dalam bidang psikologi

BK 11

Psikometri Dasar

Mahasiswa mampu melakukan pengukuran psikologi dan mengembangkan instrumen pengukuran psikologis untuk dasar pengambilan keputusan/ memberi saran dalam penyelesaian masalah psikologis

BK 12

Dasar-Dasar Asesmen Psikologi

Mahasiswa mampu mengumpulkan dan menganalisis data untuk menginterpretasikan perilaku manusia sesuai kaidah psikologi dengan menggunakan metode asesmen, yakni wawancara, observasi, dan tes psikologi yang sesuai dengan kewenangannya

BK 13

Dasar-Dasar Intervensi Psikologi Non Klinis

Mahasiswa mampu menganalisis persoalan psikologis non-klinis dan persoalan perilaku, serta menyajikan alternatif pemecahan masalahnya yang sudah ada.

BK 14

Dasar-Dasar Konseling

Mahasiswa mampu menerapkan konsep teoritis dasar dalam psikologi konseling dan mampu memformulasikan prosedur penyelesaian masalah di bidang psikologi sesuai dengan konteksnya.

BK 15

Prinsip-Prinsip Pembelajaran

Mahasiswa mampu menguasai konsep dasar prinsip-prinsip pembelajaran dalam membentuk perilaku dan interaksi manusia dengan lingkungan sosialnya

BK 16

Prinsip-prinsip Perubahan Perilaku

Mahasiswa mampu menguasai konsep dasar prinsip-prinsip perubahan perilaku

BK 17

Prinsip-Prinsip Literasi Data, Teknologi,

dan Humanitas

Mahasiswa mampu melakukan pemutakhiran terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi informasi, dan komunikasi yang terkait dengan bidang psikologi

BK 18

Kode Etik Psikologi

Mahasiswa mampu melaksanakan tugas secara bertanggungjawab sesuai dengan Kode Etik Psikologi, baik terhadap diri sendiri maupun organisasi

BK 19

Pengembangan  Diri dan Karir

Mahasiswa mampu mengimplementasikan pengembangan diri dan dapat memproyeksikan karir setelah menjadi sarjana psikologi

BK 20

Studi Islam

Mahasiswa mampu memahami pengetahuan dasar dan nilai Islam berdasarkan Al-Qur'an dan Hadis dalam hidup dalam lingkup pribadi dan sosial.

BK 21

Keindonesiaan dan Kearifan Lokal

Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan nilai keindonesiaan dan kearifan lokal untuk memperkokoh identitas nasional dalam lingkup diri dan sosial.

BK 22

Pemberdayaan individu dan masyarakat

Mahasiswa memoliki kontribusi kepada masyarakat dengan melakukan pemberdayaan dan pengembangan individu, kelompok, dan masyarakat

BK 23

Kewirausahaan

Mahasiswa mampu mengembangkan ide kreatif dalam penyelesaian masalah dan menerapkannya ke dalam usaha mandiri