30 March 2024

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Prodi Psikologi Islam memiliki delepan Profil Lulusan (PL), yang mana profil lulusan ini kemudian dirumuskan dalam bentuk Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). CPL terdiri dari aspek: sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus yang dirumuskan berdasarkan SN-Dikti dan Diskriptor KKNI sesuai dengan jenjang-nya, dan acuan dari Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI)

Adapun Capaian Pembelajaran  Lulusan (CPL) Prodi Psikologi sebagai berikut.

a. Sikap (Attitude)

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap relijius
  2. Mampu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Mampu berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  5. Mampu menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Mampu menaati hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. Mampu menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  11. Menjunjung tinggi nilai-nilai etika akademik, yang meliputi kejujuran dan kebebasan akademik dan otonomi akademik;
  12. Bertanggung jawab terhadap nilai-nilai akademik yang diembannya;
  13. Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi masyarakat;
  14. Menampilkan diri sebagai pribadi yang stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi (adaptability), fleksibiltas (flexibility), pengendalian diri, (self direction), secara baik dan penuh inisiatif di tempat tugas
  15. Bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak diskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi;
  16. Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab, rasa bangga dan percaya diri sebagai sarjana Psikologi Islam;
  17. Menunjukkan sikap kepemimpinan (leadership), bertanggungjawab accountability) dan responsibilitas (responsibility) atas pekerjaan di bidang psikologi Islam secara mandiri;
  18. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan dalam bidang tugas pelayanan Psikologi Islam.

b. Pengetahuan (Knowledge)

  1. Mampu menguasai konsep dasar teori psikologi untuk menggambarkan dan menganalisis berbagai gejala psikologi pada individu, kelompok, organisasi, dan komunitas.
  2. Mampu memahami dan menerapkan metode peneliGan dasar psikologi, termasuk rancangan penelitian, analisis data dan interpretasinya.
  3. Mampu memahami konsep dasar asesmen psikologis dalam menganalisis gejala psikologis pada individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat.
  4. Mampu memahami konsep intervensi non-klinis berdasarkan prinsip-prinsip perubahan tingkah laku pada individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat.
  5. Mampu menguasai prinsip- prinsip literasi data dan komunitas.
  6. Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi;
  7. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);
  8. Menguasai  pengetahuan   dasar-dasar   keislaman   sebagai   agama rahmatan lil ‘alamin;
  9. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan;
  10. Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional;

c. Keterampilan Umum (General Skills)

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk sAipsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  10. Mampu mempublikasikan karya akademik dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir yang diunggah dalam laman perguruan tinggi.
  11. Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta berperan sebagai warga dunia yang berwawasan global.
  12. Mampu menegakkan integritas akademik secara umum dan mencegah terjadinya praktik plagiarism.
  13. Mampu menggunakan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian
  14. Mampu menggunakan minimal satu bahasa internasional untuk komunikasi lisan dan tulis.

d. Keterampilan Khusus  (Special Skills)

  1. Mampu melakukan interview, observasi, tes psikologi yang diperbolehkan sesuai dengan prinsip psikodiagnostik dan Kode Etik Psikologi lndonesia.
  2. Mampu mengembangkan instrumen pengukuran psikologi berlandaskan pada kaidah-kaidah teori tes klasik dan modern.
  3. Mampu menganalisis persoalan psikologis non-klinis dan persoalan perilaku, serta menyajikan alternatif pemecahan masalahnya yang sudah ada.
  4. Mampu melakukan intervensi psikologi non-klinis untuk perubahan perilaku individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat dengan menggunakan konseling psikoedukasi, pelatihan, dan teknik intervensi lain yang diperbolehkan dengan mendasarkan diri pada konsep teoritis dalam psikologi dan Kode Etik Psikologi Indonesia.
  5. Mampu memperoleh informasi dari data dan melakukan analisis data secara bertanggung jawab.
  6. Mampu memperoleh serta mengolah informasi melalui penggunaan teknologi secara bertanggung jawab dalam konteks psikologi.
  7. Mampu melakukan penelitian psikologi dengan metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif generik.
  8. Mampu menuangkan pemikiran konseptual maupun hasil penelitian psikologi dalam bentuk tulisan ilmiah sesuai dengan kaidah etik dan profesionalisme.
  9. Mampu merencanakan dan mengembangkan karier dan pengembangan dirinya sendiri (career and Personal Development).
  10. Mampu mempertanggunğawabkan hasil kerja berdasarkan Kode Etik Psikologi Indonesia.
  11. Mampu melakukan rapport dan membangun hubungan professional yang efektif serta membangun hubungan interpersonal yang sehat
  12. Mampu menyampaikan gagasan secara tertulis, menampilkan presentasi secara efektif dan menggunakan teknologi informasi secara bertanggung jawab
  13. Mampu mempertangungjawabkan hasil kerja berdasarkan kode etik penelitian
  14. Mampu mengidentifikasi, mendiagnosa potensi psikologis dan memetakan bidang bakat dan kecenderungan psikologis dalam rangka pengembangan SDM
  15. Mampu menghafal dan memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis-hadis tematik terkait dengan dimensi kejiwaan manusia.