(Tata Pamong, Tata Kelola, dan Gugus Kendali Mutu)
2.1. Tata Pamong menjamin terwujudnya visi, terlaksanakannya misi, tercapainya tujuan, berhasilnya strategi yang digunakan secara:
2.1.1 Kredibel
- Membangun sistem dan struktur tata pamong yang efectif dan efisien, yang dibuktikan dengan SK Sistem dan Struktur Organisasi Prodi yang memuat:
- Struktur Organisasi
- Tupoksi
- Mekanisme Pengangkatan dan Kualifikasi
- Mengangkat tata pamong sesuai dengan mekanisme dan kualifikasi yang dibuktikan dengan:
- SK/Pedoman dan Mekanisme Pengangkatan Tata Pamong
- Profil Tata Pamong dibuktikan dengan: SK Pengangkatan Kaprodi, SK Pengangkatan Dosen Prodi, SK Dosen PA , SK Dosen Pembimbing Skripsi, CV lengkap Dosen dan Kaprodi
- Meningkatkan budaya kerjasama dan melayani yang dibuktikan dengan:
- SK Budaya dan Etos Kerja Prodi
- Laporan Sosialisasi Budaya kerja yang disertai ToR, Surat Undangan, Daftar Hadir, Foto Kegiatan
2.1.2. Transparan
- Melibatkan seluruh unsur dalam pengambilan kebijakan dan mensosialisasikan secara terbuka, dibuktikan dengan:
- Melaksanakan dan merencanakan kinerja sesuai VMTS dengan target yang terukur, yang dibuktikan:
- Rencana dan capaian kerja prodi yang sesuai dengan rentra
- Rencana dan capaian kerja prodi dengan waktu pelaksanaan yang jelas.
2.1.3 Akuntabel
- Melaporkan hasil kinerja secara terbuka dan berkala yang dibuktikan dengan:
- Laporan tahunan Kaprodi
- Laporan SAKIP AKIP
- Memiliki Komitmen dan Integritas yang tinggi yang dibuktikan:
2.1.4 Bertanggung jawab
- Meningkatkan Mutu Layanan yang dibuktikan dengan:
2.1.5 Adil
- Membuat dan Melaksanakan seluruh aturan yang disertai reward and punishment yang dibuktikan dengan:
2.2 Karakteristik kepemimpinan yang efektif
2.2.1 Operasional
- Menjabarkan VMTS dalam kerangka Program Kerja Prodi dibuktikan dengan adanya Renop/ Rencana Tahunan Prodi
- Menyusun WT yang dinuktikan dengan:
2.2.2 Organisasi
- Mengarahkan dan Monitoring pelaksanaan tugas yang dibuktikan dengan Laporan kegiatan persemster yang disertai dengan rekapitulasi
2.2.3 Publik
- Mewakili Prodi dalam Oranisasi kemasyarakatan yang di buktikan dengan SK -link
- Kaprodi dan Dosen Prodi menjadi rujukan bertanya bagi masyarakat yang dibuktikan dengan surat undangan menjadi narasumber – link
2.3 Sistem pengelolaan fungsional dan operasional program studi mencakup
2.3.1 Planning
- Sistem Pengelolaan Prodi yang terdiri dari:
- Sistem Pengelolaan Akademik -link
- Sistem Layanan Administrasi Akademik -link
- Sistem Perencanaan dan Pengembangan -link
- Sistem Pembinaan dan Pengembangan SDM -link
- Sistem Layanan dan Administrasi Umum -link
- Sistem Administrasi Keuangan -link
- Sistem Layanan dan Pembinaan Mahasiswa -link
- Sistem Pengelolaan dan Pemanfaatan Sarana dan Prasarana -link
- Perencanaan dan Pengembangan Prodi. Dokumen dibuktikan dengan
- SOP Perencanaan dan Pengembangan Prodi -link
- Laporan Kegiatan Perencanaan dan Pengembangan Prodi disertai dengan: ToR, Surat Undangan, Daftar Hadir, Hasil Kegiatan, Foto
2.3.2 Organizing
- SOP Layanan dan Administrasi Umum -link
- Laporan Kegiatan Layanan dan Administrasi Umum. Dibuktikan dengan: -link
- Buku Ekspedisi
- Buku Tamu
- Arsip Surat Masuk
- Arsip Surat Keluar
- SOP Layanan dan Administrasi Akademik -link
- Laporan Kegiatan Layanan dan Administrasi Akademik. Dibuktikan dengan: -link
- Rekap Kegiatan yang sudah dilakukan
- Waktu dan Tempat Pelaksanaan
- Hasil Kegiatan
- Foto
- SOP Layanan dan Administrasi Kemahasiswaan -link
- Laporan Kegiatan Layanan dan Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni. Dibuktikan dengan: -link
- Rekap Kegiatan yang sudah dilakukan
- Waktu dan Tempat Pelaksanaan
- Hasil Kegiatan
- Foto
- SOP Layanan Administrasi Kepegawaian -link
- Laporan Kegiatan Layanan Administrasi Kepegawaian. Dibuktikan dengan: -link
- Rekap Kegiatan yang sudah dilakukan
- Waktu dan Tempat Pelaksanaan
- Hasil Kegiatan
- Foto
- SOP Layanan Administrasi Keuangan -link
- Laporan Kegiatan Layanan Administrasi Keuangan. Dibuktikan dengan: -link
- Rekap Kegiatan yang sudah dilakukan
- Waktu dan Tempat Pelaksanaan
- Hasil Kegiatan
- Foto
- SOP Pengelolaan dan pemanfaatan Sarpras -link
- Laporan Kegiatan Layanan Administrasi Keuangan. Dibuktikan dengan: -link
- Rekap Kegiatan yang sudah dilakukan
- Waktu dan Tempat Pelaksanaan
- Hasil Kegiatan
- Foto
2.3.3 Staffing
- SOP Pembinaan dan Pengembangan SDM -link
- Laporan Kegiatan Pembinaan dan Pengembangan SDM. Dibuktikan dengan:
2.3.4 Leading (Kepemimpinan)
- Mengarahkan dan Memotivasi dan Mengembangkan Teamwork yang dibuktikan dengan laporan kegiatan disertai dengan:
- Sistem Monev dan SK
- SOP Monev dan SK
2.3.5 Controlling
- Laporan Kegiatan Monitoring yang dibuktikan dengan:
- Laporan Kegiatan Evaluasi yang dibuktikan dengan:
2.4 Pelaksanaan penjaminan mutu di program studi
- Membuat dan Menetapkan Standar Mutu -link
- SK Standar Mutu Prodi -link
- Sistem Penjaminan Mutu Prodi -link
- SK Sistem Penjaminan Mutu Prodi -link
- Laporan Sosialisasi Standar Mutu yang dibuktikan dengan:
- Melaksanakan SPMI dengan Pempentukan Gugus Mutu Prodi. Dokumen dibuktikan dengan SK Pelaksana dan Tugas Gugus Mutu Prodi
- Laporan Kegiatan Gugus Mutu Prodi yang dibuktikan dengan:
- Memiliki kualitas mutu yang baik yang dibuktikan dengan:
- Membentuk Konsursium Dosen Prodi. Dokumen terdiri dari Laporan Kegiatan konsorsium yang disertai Surat Undangan Rapat, daftar Hadir, makalah kompre dan skripsi link-1 link-2 Rekomendasi dan rencana tindak lanjut, foto-foto.
- Mengundang LPM untuk melakukan Audit Mutu Prodi yang dibuktikan dengan laporan audit yang disertai:
- Melakukan SPME yang terdiri dari:
- Melalukan Evaluasi Ketercapaian Mutu secara Berkala yang dibuktikan dengan laporan kegiatan disertai:
2.5 Penjaringan umpan balik dan tindak lanjutnya. Sumber umpan balik antara lain dari: (1) dosen, (2) mahasiswa, (3) alumni, (4) pengguna lulusan.
- Laporan Survey Metode dan Strategi Pembelajaran, dibuktikan: -link
- Metode dan tehnik penyebaran angket untuk dosen, mahasiswa dan alumni
- Contoh angket
- Analisis Hasil
- Rekomendasi dan RTL
- Foto
- Laporan Survei Layanan Akademik, dibuktikan: -link
- Metode dan tehnik penyebaran angket untuk dosen dan mahasiswa
- Contoh angket
- Analisis Hasil
- Rekomendasi dan RTL
- Foto
- Laporan Survei Kelengkapan dan Kenyamanan Sarana dan Prasarana Pembelajaran, dibuktikan: -link
- Metode dan tehnik penyebaran angket untuk dosen dan mahasiswa
- Contoh angket
- Analisis Hasil
- Rekomendasi dan RTL
- Foto
- Rekap dan Laporan Mingguan Kotak Saran Online dan off line, yang dibuktikan: -link
- Model dan Tempat Kotak Saran
- Contoh kritik dan saran
- Rekomendasi dan RTL
- SOP Pembukaan Kotak Saran
- Evaluasi Kesesuaian Kurikulum dengan Kebutuhan Stakeholders, dibuktikan dengan: -link
- Model dan tehnik penyebaran angket
- Contoh angket
- Analisis Hasil
- Rekomendasi dan RTL
- Foto
- Laporan Monev hasil Survei -link
2.6 Upaya untuk menjamin keberlanjutan (sustainability) program studi
- Peningkatan animo melalui Home Visit ke SMK/SMA/MAN dibuktikan dengan laporan kegiatan yang disertai:
- Peningkatan animo melalui Pimpinan SMK/SMA/MAN yang diundang untuk sosialisasi yang disertai:
- Peningkatan Mutu Managemen melalui:
- Upgrade Sistem dan Managemen Pengelolaan melalui softwere terbaru link-1 link-2
- Melaksanakan Diklat dan Workshop yang dibuktikan: TOR, SK Panitia, Surat Undangan, Daftar Hadir, Materi, Narasumber, Foto Kegiatan
- Data Pendelegasian ke berbagai acara di luar kampus dibuktikan dengan: Surat Undangan, SPD, Laporan Perjanan Dinas, Materi, Foto
- Peningkatan Mutu lulusan Melalui:
- Peningkatan basis pengetahuan keagamaan dibuktikan dengan
- Laporan kegiatan yang disertai: Sertifikat dan Foto Kegiatan
- Menerapkan sistem pembelajaran yang up to date, dibuktikan dengan laporan kegiatan: -link, LMS IAIN Metro
- Meningkatkan skill bahasa asing link-1 link-2
- Meningkatkan kemitraan antar prodi melaui MoU -link
- Meningkatkan Prestasi mahasiswa melalui beragam pendelegasian dalam bidang akademik dan bakat minat, dibuktikan dengan: