PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) adalah program kegiatan magang yang bertujuan melatih mahasiswa untuk terjun langsung dalam dunia kerja. Kegiatan PPL UIN Raden Mas Said Surakarta dilakukan selama satu bulan. PPL dilakukan pada tanggal 21 Agustus-21 September 2023. PPL dilakukan di SMA Inklusi Al-Firdaus yang beralamat di Jl. Alkautsar, Mendungan Pabelan, Kartasura, Sukoharjo.

Kegiatan penerimaan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) dimulai pukul 09.00 WIB. Mahasiswa yang melakukan program PPL bertujuan untuk mengaplikasikan teori yang telah dipelajari selama perkuliahan 6 semester dan memperkaya ilmu pengetahuan terutamanya dibidang psikologi pendidikan, supaya memiliki kemampuan dan keterampilan yang lebih baik guna mempersiapkan dunia kerja yang akan datang.

Kegiatan ini dilakukan di IB Room SMA Inklusi Al-Firdaus. Didampingi dengan DPL (Dosen Pendamping Lapangan) Ibu Maharani Tyas Budi Hapsari, M.Psi., Psikolog dan Ibu Ummy Noviarti M.Pd selaku Principal MYT High School Al-Firdaus. Dalam pertemuan penerimaan disampaikan beberapa penjelasan mengenai teknis magang yang akan dilakukan. Seperti rentang waktu kegiatan magang yakni selama 1 bulan, jadwal masuk magang sementara (yang akan di finalisasi pada pekan selanjutnya), dan pakaian yang akan digunakan selama kegiatan magang. Dengan diadakannya kegiatan magang dari prodi psikologi islam pada ranah pendidikan ini, mahasiswa PPL dapat menjadi psikolog pendidikan yang mampu melaksanakan tugas berupa pengajaran, pembimbingan, dan konseling pada siswa.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan berkeliling lingkungan sekolah, dengan didampingi slaah satu guru. Kegiatan berkeliling ini ditujukan guna observasi lingkungan PPL. Terakhir, penerimaan PPL diakhiri dengan acara foto bersama.