Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) atau sering disebut magang sebagai suatu kegiatan atau suatu program belajar sekaligus berlatih bekerja dengan cara terjun langsung pada sebuah lembaga atau perusahaan selama beberapa waktu. Program magang  ini diikuti seluruh mahasiswa program studi Psikologi Islam angkatan 2020 yang sudah masuk di semester 7, kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 7 Agustus dan berakhir di tanggal 7 September 2023. Program studi Psikologi Islam UIN Raden Mas Said Surakarta membagi lokasi PPL di beberapa tempat, dan kelompok 10 mendapat lokasi di lembaga psikologi Rumah Psikologi Surakarta yang berlokasi Griya Kartika No.C5, Dusun III, Pucangan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Penyerahan mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) kelompok 10 dilaksanakan tanggal 8 Agustus 2023 pukul 11.00 WIB di Rumah Psikologi Surakarta. Kegiatan magang ini diawali dengan serangkaian acara penyerahan mahasiswa Psikologi Islam kepada lembaga yang bersangkutan yakni, Rumah Psikologi Surakarta. Penyerahan ini diikuti oleh 6 mahasiswa yang berada dibawah bimbingan Bapak Triyono, S.Sos.I., M.Si. selain itu acara ini dihadiri oleh kak Rahma sebagai koordinator PPL dari lembaga psikologi Rumah Psikologi Surakarta. Kegiatan penyerahan ini melalui beberapa serangkaian acara diantaranya bacaan Basmallah sebagai pembuka yang dipandu oleh pembawa acara dari salah satu mahasiswa PPL, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Psikologi Islam, acara selanjutnya yaitu penyampaian sambutan sekaligus penyerahan dari Dosen Pendamping Lapangan yakni, Bapak Triyono S.Sos.I., M.Si. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian sambutan dan juga penerimaan dari Ibu Dr. Retno Pangestuti M.Psi., Psikolog selaku perwakilan lembaga psikologi Rumah Psikologi surakarta. Acara penyerahan ini berjalan dengan baik serta lancar dan acara diakhiri dengan penutupan pemberian kenang-kenangan vandel untuk lembaga psikologi Rumah Psikologi Surakarta dan foto bersama.

Setelah acara penyerahan mahasiswa magang mulai mengatur beberapa jadwal kegiatan yang akan dilaksanakan selama sebulan kedepan, yang dibimbing langsung oleh Ibu Retno Pangestuti M.Psi., Psikolog dan kak Rahma sebagai koordinator PPL lembaga psikologi Rumah Psikologi Surakarta. Pada kesempatan ini Ibu Retno menyampaikan beberapa project sekaligus kegiatan apa saja yang ada di lembaga Rumah Psikologi Surakarta. Ada beberapa kegiatan-kegiatan baru yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa PPL/Magang selama disini. Beberapa kegiatan tersebut adalah Konseling, Hypnoterapi, Psikotes, FGD, Wawancara, Kelas Parenting, Training dan Developement, serta beberapa kegiatan lainnya. Membantu melanjutkan konten mengenai psikologi di media sosial melalui akun resmi lembaga psikologi Rumah Psikologi Surakarta. Hal ini dimaksudkan sebagai pengenalan lembaga psikologi Rumah Psikologi Surakarta kepada masyarakat sebagai biro layanan konseling dan pelayanan psikologi untuk masyarakat.  Pihak Rumah Psikologi Surakarta berharap semua mahasiswa Psikologi Islam UIN Raden Mas Said Surakarta dalam program PPL ini dapat mempraktikan seluruh teori-teori yang telah dipelajari didalam perkuliahan sebagai persiapan menuju dunia kerja.