Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) atau sering disebut magang sebagai suatu kegiatan atau suatu program belajar sekaligus berlatih bekerja dengan cara terjun langsung pada sebuah lembaga atau perusahaan selama beberapa waktu. Program magang  ini diikuti seluruh mahasiswa program studi Psikologi Islam angkatan 2020 yang sudah masuk di semester 7, kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 7 Agustus dan berakhir di tanggal 7 September 2023. Program studi Psikologi Islam UIN Raden Mas Said Surakarta membagi lokasi PPL di beberapa tempat, dan kelompok 1 mendapat lokasi di lembaga Biro Psikologi Psikoaktif yang berlokasi di Safira Residence, Jl.Veteran Nomor B12, Dusun 1, Singopuran, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00-12.00 WIB yang diawali dengan sambutan oleh ibu Azzah Nilawaty, M. A. selaku Dosen Pendamping Lapangan dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Vera Imanti, M.Psi., Psikolog. selaku direktur Biro Psikologi Psikoaktif. Setelah penyempaian sambutan selesai kegiatan dilanjutkan dengan perkenalan dari peserta PPL kepada Tim Biro Psikologi Psikoaktif. Tim Psikoaktif menyampaikan beberapa hal mengenai peraturan selama pelaksanaan PPL di Biro Psikologi Psikoaktif seperti pakaian, jadwal kegiatan, dan pengelompokan peserta PPL berdasarkan minat, yaitu kelompok Klinis dan kelompok Pendidikan.

Biro Psikoaktif menyediakan layanan jasa dibidang psikologi yang membantu mengungkap profil kepribadian seseorang sesuai dengan tujuan dan kebutuhan, Asesment, treatment dan pelatihan. Tim Psikoaktif terdiri dari beberapa psikolog dengan bidang kehlian yang berbeda, diantaranya klinis, pendidikan, industri, kepribadian, dan perkembangan. Adapun tim lapangan terdiri dari penanggung jawab, tester dan observer.

Setelah agenda penyerahan, mahasiswa PPL berdiskusi dengan mentor masing – masing. Diskusi kelompok pendidikan terkait target selama satu bulan. Terdapat target harian, mingguan dan target bulanan. Agenda minggu pertama berfokus pada pencarian, diskusi dan pembahasan isu isu pendidikan. Minggu kedua berfokus pada konseling dan praktek konseling. Minggu ketiga berfokus pada alat tes dipsikologi pendidikan dan minggu kelima berfokus pada persiapan serta pelaksanaan target bulanan. Adapun Diskusi dari kelompok klinis yaitu,  menyusun agenda-agenda pekanan dimulai dari minggu pertama sampai minggu ketiga. Kegiatan-kegiatan yang dijadwalkan diantaranya, one day one alat tes, pembelajaran PPDGJ, membuat konten instagram (feed & reels), melakukan praktik konseling, menulis artikel web, one day one Artikel dan pembahasan riset.