Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) atau sering disebut magang sebagai suatu kegiatan atau suatu program belajar sekaligus berlatih bekerja dengan cara terjun langsung pada sebuah lembaga atau perusahaan selama beberapa waktu. Program magang  ini diikuti seluruh mahasiswa program studi Psikologi Islam angkatan 2020 yang sudah masuk di semester 7, kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 7 Agustus dan berakhir di tanggal 7 September 2023. Program studi Psikologi Islam UIN Raden Mas Said Surakarta membagi lokasi PPL di beberapa tempat, kelompok 3 mendapat lokasi di Dinas Sosial Kabupaten Boyolali yang terletak di Tegalarum, Kemiri, Kec. Mojosongo, Kab. Boyolali. Praktik Pengalaman Kelompok (PPL) dibimbing oleh ibu Maharani Tyas Budi Hapsari, M.Psi., Psikolog.

Pada Senin, 7 Agustus 2023 pukul 7.15 s/d 7.30 dilakukan apel pagi di lingkungan dinas sosial Boyolali. Apel pagi dipimpin oleh Drs. Mudzakir selaku kepala bidang I (Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin). Dalam apel pagi ini diikuti oleh seluruh pegawai dan karyawan Dinas Sosial Kabupaten Boyolali serta para peserta magang. Dalam kesempatan tersebut pemimpin apel menyampaikan mengenai kegiatan-kegaiatan apa saja yang telah terlaksana kemarin dan kegiatan apa saja yang akan dilakukan hari ini.

Setelah apel pagi selesai Mahasiswa PPL bertemu ibu Erni selaku sekertaris Dinas Sosial Kabupaten Boyolali. Pada kesempatan tersebut ibu Erni menjelaskan bagian-bagian struktural yang ada di Dinas Sosial Kabupaten Boyolali. Dilanjutkan dengan menjelaskan peraturan-peraturan, jadwal, pakaian harian, dan jobdesc setiap bidang. Dinas Sosial Kabupaten Boyolali terdapat tiga bidang, bidang I mengenai Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, bidang II fokus pada Rehabilitasi Sosial dan bidang III membahas mengenai Perlindungan dan Jaminan Sosial. Mahasiswa PPL diarahkan untuk ke bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial dan menjalankan tugas sesuai program yang dijalankan. Harapannya mahasiswa PPL dapat menerapkan teori-teori yang diperoleh selama perkuliahan.